Kami tulis, Kita baca

Minggu, 04 Juni 2017

GUNUNG SORIK MARAPI

Lokasi : Kawasan Taman Nasional Batang Gadis (Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara) 
Ketinggian : 2.145 mdpl
Catatan :
1. Gunung ini belum komersil sehingga belum ada pos registrasi dan pengelolanya. Jika ingin mendaki, kita hanya perlu datang ke kaki gunungnya, dan mencari ranger untuk memandu perjalanan sampai ke puncak. Perjalanan sampai puncak membutuhkan waktu 3-4 jam. Dan di gunung ini tidak diperbolehkan untuk camping, jadi hanya bisa untuk perjalanan tektok saja, berangkat pagi pulang sore.
2. Warga lokal melarang perempuan untuk mendaki gunung ini. 
3. Karena belum komersil, tidak perlu ngurus perizinan, simaksi, surat sehat, bahkan tidak ada biaya masuk. Namun karena masih belum komersil dan belum ada jalur pendakian yang resmi, setiap pendakian ke gunung ini harus ditemani ranger dari warga lokal, dan kita harus membayar untuk jasa ranger yang nominalnya tergantung kesepatan pendaki dan rangernya.
4. Karena belum populer, pendaki di hari libur dan hari biasa sama saja, masih sepi. Waktu saya mendaki, bahkan hanya rombongan saya saja yang melakukan pendakian pada hari itu.








Share:

0 comments:

Posting Komentar