Kami tulis, Kita baca

Senin, 15 Februari 2016

TEKNIK SIPIL - UNIVERSITAS GADJAH MADA


Teknik Sipil, jurusan apaan tuh?? 
Yakin deh, pasti banyak yang belum tahu mengenai ilmu kita yang satu ini. Ada loh yang ngira bahkan banyak malahan yang berpikiran sarjana lulusan teknik sipil itu kerjanya sebagai pegawai negeri sipil atau bekerja di kantor pencatatan sipil. Ya mungkin karena ada embel-embel sipilnya ya, makanya banyak yang beranggapan seperti itu...heheh. Nah, biar tak jelasin ya’ 

Sebenarnya teknik sipil itu adalah sebuah jurusan kuliah yang membahas tentang teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan, renovasi bangunan atau fasilitas umum, seperti rumah sakit, gedung sekolah, apartemen, jembatan, jalan raya, bandar udara, dermaga, pelabuhan dan masih banyak lagi deeh.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Tekni Sipil?? 
Di teknik sipil,kita bakal belajar tentang gimana cara mentransletkan rancangan bangunan di atas kertas ke lapangan, mendesain rancangan, menentukan perhitungan ketika membangun sebuah gedung, mengkonsep manajemen dan finansial dan waktu sebuah proyek. Habis tu ntar teknik sipil bakal ada empat kelompok keilmuan atau konsentrasinya, yaitu;

1. Struktur
    Struktur itu bidang yang mempelajari tentang masalah struktur dari material (baja, beton, kaca, kayu, atau bahan lainnya) diantaranya mengenai sifat-sifat material yang cocok digunakan ketika pembangunan. 

2. Geoteknik
   Geoteknik itu yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah. Ilmu ini bertujuan untuk menyelidiki keadaan” tanah yang bakalan mempengaruhi suatu pondasi bangunan.

3. Hidrologi/Hidrolika,
  Bisa ditebak kan mempelajari apa? Tepat di bidang ini kita bakal belajar tentang air meliputi distribusi, masalah, dan pengendaliannya. Penerapan ilmu ini bakal digunain untuk bangunan air, seperti pelabuhan, waduk, bendungan. 

4. Manajemen Konstruksi
   Disini kita bakal mendalami mengenai masalah proyek” konstruksi mencakup finansial, penjadwalan pembangunan supaya tepat waktu, dan biaya proyek. 

5. Transportasi
     Di bidang ini kita bakal belajar mengenai sistem tansportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Penerapan ilmu ini digunakan dalam konstruksi pengaturan jalan raya, konstruksi bandara dan manjemennya. 
     "Gimana tertarik ngga buat masuk jurusan teknik sipil?"

Apa saja profesi bagi lulusakn tekni sipil?
Mengenai prospek kerjanya jangan diragukan lagi...buanyaaak bangeet, sarjana teknik sipil bakal bisa kerja di:
1. Bidang Pembangunan Infrastruktur
    Entar kita bisa kerja sebagai kontraktor, konsultan(pelaksana dan pengawas).
2. Bidang Pemerintahan
  Di Departemen dan Dinas PU, PMU-Bina Marga, Departemen ESDM, Dinas Tata Kota & Pertamanan.
3. Bidang Industri Energi,Pertambnagan dan Pengolahan
     Sebagaai staff/managerpemasaran, Manager dan CEO, Quality Assurance.
4. Pendidikan
     Menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi.

Kereeen kan.....???!!!! 

Owh iya, tau kan kalau teknik sipil itu erat kaitannya dengan hitungan dan menggambar. Naah, buat yang punya bakat, disaranin deh masuk teknik sipil pasti pas buat kalian. Buat yang ga bisa gambar, ga mesti minder kok, karena di sipil nanti kita lebih banyak menggambar lewat software. Jadi ra usah khawatir kan pasti bisa dipelajari nantinya. Oke sekian ya’ dan semoga bermanfaat. 

Ditulis dengan penuh cinta oleh: Safaruddi Ardi
Share:

0 comments:

Posting Komentar