Kami tulis, Kita baca

Sabtu, 26 Desember 2015

GAMES MENARIK UNTUK ICE-BREAKING

1. KIM
Kim adalah suatu jenis permainan yang ditemukan oleh Baden Powell yang diambil dari ceritanya dalam buku Scouting For Boys. Permainan kim merupakan suatu latihan menggunakan pancaa indra untuk meningkatkan ekecerdasan pemikiran/ otak kita, kecepatan bereaksi atau mengambil kesimpulan dan kecepatan daya tangkap. Untuk mencapai hal yang baik, maka hendaknya kita harus sering berlatih menggunakan panca indra kita. Sehingga Kim dianalogikan dengan kemampuan indera manusia. Bentuk-bentuk permainan Kim antara lain kim lihat, kim cium, kim raba, kim rasa, kim dengar dan kim kombinasi.

2. Memasukan pensil dalam botol
Permainan ini memang terlihat mudah, namun setelah dilakukan ternyata memerlukan ketelitian. Permainan ini dapat dilakukan 2 orang atau lebih, dimana 1 orang sebagai pengarah dan yang lain melakukan instruksi pengarah. Permainan akan semakin sulit apabila semakin banyak yang melakukannya.

3. Gajah dan sapi
Permainan gajah dan sapi hanya membutuhkan pendengaran yang baik dan kesigapan. Permainan ini dilakukan oleh 4 orang, dimana 1 orang sebagai pengarah dan 3 yang lain sebagai pelaksana. Apabila pengaraha mengatakan gajah, maka orang yang di tengah mengangkat salah satu kakinya dan yang lain menaruh tangannya dipinggang. Sedangkan apabila pengaraha mengatakan sapi, orang yang ditengah mengacungkan jempol kebawah dan 2 orang disampingnya mempraktekkan memerah susu.

4. Tali beringsut
Permainan tali beringsut memerlukan kesabaran dan kerjasama tim yang baik, hingga bisa memisahkan satu tali dengan yang lainnya.

5. Cicak Buaya
Peserta diminta berpasangan berdua-dua. Peserta diminta memilih siapa yang menjadi katak atau siapa yang menjadi buaya. Peserta diminta untuk melakukan posisi seperti akan bersalaman namun bom sampai bersentuhan. Ketika salah satu nama hewan disebut maka peserta yang memilih hewan tersebut harus menangkap tangan pasangannya.

6. Apel
Peserta diminta meletakkan telunjuk tangan kanan pada telapak tangan tangan kiri teman disebelah kanannya dan berlanjut ke teman dikirinya. Bila nama buah apel disebut maka telapak tangan di tutup menangkan telunjuk temannya, dan tentu saja telunjuk harus menghidari tangkapan telapak tangan. Telunjuk yang tertangkap dia yang kalah.

7. Games beatbox
Peserta di bagi menjadi beberapa bagian setiap bagian menyanyikan nada masing masing. Bila bagiannya ditunjuk maka peserta harus membunyikan nada bagiannya

8. Cap guricap
Beberapa peserta diminta berbaris satu baris, kemudian peserta pertama diminta melakukan gerakan bebas dan dan kemudian gerakkannya di ubah ke gerakan lain dan peserta disebalahnya melakukan gerakkan sebelumnya.

9. Game bos berkata
Peserta diminta mengikuti perintah trainer bila diawali kata kata bos berkata. Bila tidak di awali bos berkata maka peserta tidak boleh mengikuti perintah trainer

10. Cerita berlanjut
Peserta di bagi menjadi beberapa kelompok. Pada setiap kelompok peserta diminta menuliskan sebuah kalimat kemudian di oper keteman sebelahnya dan peserta diminta menulis kalimat lanjutan untuk melanjutkan cerita dan begitu seterusnya.

11. Benda jadi benda lain
Peserta akan di berikan satu buah benda. Kemudian secara berurutan peserta diminta memperagakan benda tersebut menjadi benda lain.

12. Rollercoaster do re mi
Peserta diminta untuk saling merangkul teman di sebalah kiri dan kanannya. Kemudian ketika trainer bilang do maka peserta condong ke depan. Bila bilang re peserta condong ke belakang, bila mi condong ke kanan, bila fa condong ke kiri, bila sol maka peserta diminta tegak.

Share:

0 comments:

Posting Komentar