Kami tulis, Kita baca

Senin, 27 Agustus 2012

PEMANFAATAN IT DI SMA UNGGULAN CT FUONDATION

          “With English and IT we master the world”. Itulah kata yang merupakan kata motivasi yang sering dikumandangkan di SMA Unggulan CT Foundation. Bukan tidak beralasn, memang tanpa English dan IT seseorang tidak akan bias berbicara dan berbuat banyak di dunia nasional apalagi internasional. Misalkan seseorang yang tidak berpendidikan tapi bias menguasai English dengan baik bias menjadi seorang tour guide, tranlater bagi para tourist, dan masih banyak lagi dan dengan gaji yang besar. Atau seotang yang bukan sarjana tapi menguasai IT bisa menjadi orang kaya dengan berprofesi sebagai editor film, membuka warnet, internet marketer, dll.
           Oleh landasan itulah English dan IT sangat ditekankan di SMA Unggulan CT Foundation dan bahkan dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan. English adalah bahasa resmi di SMA Unggulan CT Foundation dengan harus berbahasa inggris dari senin sampai sabtu. Tidak kalah dengan IT , hampir semua pelajaran memakai IT dalam proses KBM terlebih pelajaran IT itu sendiri.

1. KBM
             Hampir semua guru menggunakan slide ketika mengajar dan bahan pelajaran tidak hanya dari buk melainkan juga e-book, artikel, gambar dan video dari internet. Dan juga soal-soal ulangan harian sering diambil dari internet. Dengan itu pengetahuan siswa tidak berasal dari satu sumber saja sehingga siswa benar-benar bias menguasai pelajaran dan bias mengerjakan soal meskipun itu diambil dari internet atau sumber manapun dengan baik.
             Dan dengan penggunaan gambar dan video siswa tidak hanya berimajinasi sendiri dengan apa yang dijelaskan guru yang dapat menimbulkan penafsiran berbeda diantara setiap siswa, misalnya tokoh, bangunan, siklus, dll. Khusus pelajaran IT guru membuat ulangan harian dengan flash yang dapat mempermudah garu dalam penilaian karena flash akan memeriksa sendiri hasil ujian siswa, dan meminimalisir kecurangan ketika ujian. Selain itu guru IT juga menjadikan fasilitas blogger di internet untuk dijadikan sebagai ulangan harian, jadi setiap siswa diharuskan membuat blog masing-masing dengan criteria yang telah ditentukan. Dan gru juga sering memeberikan tugas untuk membuat ppt tentang peljaran.

2. SEKOLAH
             Pengumpulan nilai ujian siswa memanfaatkan fasiitas e-mail untuk dikirim kepada panitia ujian. Perputakaan SMA Unggulan CT Foundation adalah e-library yaitu perpustkaan yang dapat dilihat di internet tentang buku yang tersedia di perpustakaan. Promosi sekolah dan penerimaan siswa baru juga memakai fasilitas internet di website SMA Unggulan CT Foundation. Kegiatan sekolah juga sering di upload ke youtube. Dengan itu semua maka lulusan SMA Unggulan CT Foundation adalah lulusan yang bias menggapai masa depan gemilang karena selain pandai di bidang akademik, English, dan tentunya IT.


Sumber foto : FB SMA Unggulan Foundation
Share:

0 comments:

Posting Komentar