Kami tulis, Kita baca

Jumat, 12 Februari 2016

TEKNIK PERTAMBANGAN - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG


1. Teknik Pertambangan, jurusan apa tuh?
Teknik pertambangan adalah jurusan yang akan mengajarkan kamu gimana nyari sampai produksi barang tambang (batubara, logam, dll)

2. Apa yang dipelajari dalam jurusan Teknik Pertambangan?
Yang dipelajari dalam jurusan hubungan internasional diantaranya menyangkut eksplorasi, cara menambang, investasi di pertambangan, manajemen pertambangan, pengangangkutan, penjualan dan banyak lagi.
Di teknik pertambangan ada dua kelompok keilmuan, yaitu tambang eksplorasi (yg tugasnya entar nyari2 barang tambang) sama tambang umum (tugasnya mengambil sampai menjual barang tambang yg dicari anak eksplorasi, singkatnya tambang umum adalah pengeksploitasi)

3. Mengapa teknik pertambangan mengasyikkan?
Kalau untuk sekarang sih emang kurang mengasyikkan ya, mengingat harga komoditas tambang semuanya lagi anjlok akibat permainan politik ekonomi negara2 gede. Tp ke depannya jelas masih sangat cerah, misalnya tambang bahan nuklir sama logam tanah jarang (yg kayak uranium gitu2lah), bisa juga kan nantu nambang di luar angkasa, kayak di mars gitu, kan keren bisa jln2 ke luar angkasa.

4. Apa saja profesi bagi lulusan teknik pertambangan?
Kerja di perusahaan tambang (batubara, emas, timah, nikel, tembaga, dll), kementerian esdm, konsultan, kontraktor, dosen juga menjanjikan kok. Tp banyak alumni tambang yg kerjanya di bank juga sih, hehehehe 

5. Kenapa harus teknik pertambangan ITB?
Pertanyaan krusial, ya karena ITB adalah kampus teknik, ya otomatis link link akademisi ITB jelas lebih luas, jd akses ilmu kita lebih banyak baik ke dlm maupun luar negeri. Kedua ya karena akreditasinya udah bagus. Ketiga karena alumninya udah banyak dan mapan2, jd pas nyari kerja maupun beasiswa bisalah agak ngecengin alumni. 

Tanyakan pada diri kamu sendiri,
1. Apakah kamu suka dengan hal2 yg berkaitan dengan mekanika dan sedikit kalkulus?
2. Apakah kamu tertarik dengan hal2 yg berkaitan dengan batuan dan tanah?
3. Apakah kamu sering bertanya-tanya mengapa kok tambang ini adanya disana g disini?

Jika kamu menjawab ya pada salah satu pertanyaan di atas, maka pertimbangkanlah untuk memilih jurusan teknik pertambangan.
Tp jika kamu g menjawab ya sama sekali, no problemo, itu cuma tes minat aja. Dan tentunya kamu masih bisa masuk teknik pertambangan tanpa menjawab ya pd pertanyaan itu. 
Tp klo kamu mau masuk teknik pertambangan itb, pastikan kamu menjawab ya pd pertanyaan
"Apakah kamu benar2 ingin dan mau belajar?"

6. Bagaimana agar saya diterima di jurusan teknik pertambangan?
Gak ada cara khusus, lulus un dulu lalu ikutin snmptn dan sbmptn. Caranya kamu entar milihnya bukan teknik pertambangan, tp fakultas FTTM. Terus nanti setelah masuk ITB baru milih teknik pertambangan. Cara biar lulus sbmptn ya belajar biar dpt passing gradenya FTTM.

Oke sekian dan semoga bermanfaat :)


Ditulis dengan penuh cinta oleh: Muhammad Syukri Nasution
Share:

0 comments:

Posting Komentar